Program Kasir

Software POS (Point of Sale)

Membuat Operator

Posted by admin On January - 22 - 2009 owner

Sebelum memulai semua kegiatan transaksi yang harus dilakukan pertama kali adalah membuat operator dan mengatur levelnya. Operator atau pengguna program dapat diatur dan dibatasi kewenangannya menurut batasan level yang diatur oleh SuperAdmin. Operator akan mempunyai username dan password sendiri-sendiri.

Yang mempunyai hak untuk menambah, mengedit, menghapus, mengaktifkan dan menonaktifkan Operator hanyalah pengguna yang mempunyai level Superadmin.

Langkah untuk membuat operator adalah Pilih Menu Operator kemudian pilih Login

operator

Fungsi search terdapat pada bagian atas disediakan untuk melakukan pencarian Operator berdasarkan Lokasi, Status, level dan Kata Kunci yang diberikan. Pengurutan data yang ditampilkan dapat dilakukan dengan cara melakukan klik pada Judul kolom yang akan diurutkan. Contoh: Data akan diurutkan menurut Usernamenya bila Judul pada kolom tersebut di klik.

Tiap-tiap Operator mempunyai kemampuan untuk mengedit informasinya sendiri seperti password, nama, alamat dan lain-lain.

Fungsi Tombol Operator :
a. Cetak

Digunakan untuk mencetak seluuruh data yang ditampilkan form operator.

b. Tambah
Digunakan untuk menambahkan Operator baru. Caranya adalah klik tombol Tambah dan akan muncul Form isian berikut.

addoperator

Op Username
:
Diisi username yang akan dipakai Operator
Op Password
:
Diisi password yang akan dipakai Operator
Nama
:
Diisi nama Operator
Alamat
:
Diisi alamat Operator
Telepon
:
Diisi nomor telepon Operator
Lokasi
:
Pilih lokasi Operator dimana Operator Akan menggunakan aplikasi ini. Sistem ini didisain multi lokasi Sehingga Operator dilokasi satu tidak dapat login dilokasi dua demikian juga sebaliknya.
Level
:
Menandakan tingkat kewenangan dari Operator yang bersangkutan.

Setelah semua form terisi kemudian pilih tombol Tambah, sistem akan memberi tahu apabila ternyata username yang dipilih sudah dipergunakan.

c. Edit
Edit digunakan untuk memperbaiki data-data Operator. Semua data dapat diubah kecuali username. Hanya Operator yang mempunyai level SuperAdmin yang dapat mengubah data dari masing-masing Operator. Tampilan form Edit ini mirip dengan tampilan form penambahan Operator. Bila sudah dilakukan perbaikan data kemudian pilih tombol Edit.

d. Hapus
Fasilitas ini digunakan untuk menghapus data Operator. Data Operator yang boleh dihapus adalah Operator yang belum pernah melakukan transaksi. Apabila sudah pernah melakukan transaksi, data Operator tidak dapat dihapus karena digunakan untuk referensi laporan. Cara untuk menghapus Operator adalah : pilih Operator yang akan dihapus kemudian pilih tombol Hapus.

d. Activate
Tombol Activate digunakan untuk mengaktifkan Operator yang berstatus non aktif. Indikator bahwa Operator tidak aktif dapat dilihat pada kolom Aktif. Y berarti aktif sedangkan N berarti Non Aktif. Cara untuk aktifasi Operator adalah pilih Operator yang N kemudian pilih Activate.

e. Deactivate
Tombol ini merupakan kebalikan dari tombol Activate yaitu untuk menonaktifkan Operator. Ini sangat mungkin terjadi apabila seorang Operator sudah tidak aktif dan datanya tidak dapat dihapus karena sudah pernah melakukan transaksi. Hal ini disediakan untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan penggunaan Operator.

f. Tutup
Dipergunakan untuk menutup form operator.

Popularity: 26% [?]

Leave a Reply