Program Kasir

Software POS (Point of Sale)

Setting Jaringan

Posted by admin On January - 19 - 2009 owner

Aplikasi EasyPosManager didesain untuk dapat digunakan oleh multi user, yang artinya dapat digunakan oleh beberapa user sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Untuk dapat menggunakan fasilitas multi user, aplikasi ini harus berjalan diatas LAN dengan menggunakan beberapa setting yang sudah disediakan melalui EasyPosManager. Setting jaringan ini tidak berlaku untuk komputer yang tidak menggunakan jaringan (stand alone).

Untuk penggunaan EasyPosManager di dalam jaringan harus sudah tersedia infrastruktur penunjang LAN. Tata cara pembuatan jaringan beserta troubleshooting tidak dibahas dalam modul ini dan ditangani sendiri oleh pengguna.

Untuk penggunaan EasyPosManager di dalam jaringan harus sudah tersedia infrastruktur penunjang LAN. Tata cara pembuatan jaringan beserta troubleshooting tidak dibahas dalam modul ini dan ditangani sendiri oleh pengguna.

a. Setting jaringan untuk Adaptive Server Anywhere

*
Tentukan 1 komputer yang akan dijadikan server dan catat IP address yang ada pada komputer yang akan dijadikan server tersebut.
*
Di komputer yang akan dijadikan client buka pada menu setting lokal seting database dan masukkan IP address server.

b. Setting jaringan untuk MS SQL Server

* Tentukan satu komputer untuk menjadi server
* Beri IP Address untuk komputer server tersebut misalnya 192.168.0.1
* Install database server MS SQL
(Instalasi database server tidak dibahas dalam modul ini. Pengguna dapat berkonsultasi dengan staff teknis masing-masing).
* Catat password SA (System Administrator) secara default Username SA tidak diberi password dan perlu dicatat apabila pengguna mengisi password SA tersebut.
* Disetting database program EasyPosManager masukkan pilihan SQL server
* Isikan IP address server misalnya 192.168.0.1
* Apabila ditanyakan password SA masukkan password yang sudah dicatat diatas atau dikosongkan bila SA tidak diberi password.

Pada setting pertama kali, EasyPosManager akan otomatis membuat database dan tabel baru yang dibutuhkan EasyPosManager supaya dapat berjalan dengan baik. Data-data yang mungkin sudah ada pada Adaptive Server Anywhere tidak otomatis dituliskan pada MS SQL server. Utk pemindahan data pengguna dapat memakai fasilitas transporter yang sudah disediakan oleh program dan kemudian di restore ke database baru MS SQL. Proses ini hanya berlangsung sekali saja yaitu pada saat perpindahan dari Adaptive Server Anywhere ke MS SQL.Apabila setting jaringan telah selesai silakan restart terlebih dahulu baru kemudian digunakan.

Popularity: 8% [?]

Leave a Reply