Program Kasir

Software POS (Point of Sale)

Inventory

Posted by admin On January - 19 - 2009

Setelah data-data dasar dibuat langkah selanjutnya adalah Inventory. Hal-hal yang diatur disini adalah Golongan dan Sub Golongan, Rack, Golongan Harga, Stock dan Stock Assembly. Proses Inventory ini sangat penting karena akan digunakan sebagai referensi transaksi, misalnya jumlah stock yang ada, harga satuan, minimum order dan lain sebagainya.

1. Mengatur Golongan dan Sub Golongan

a. Golongan
Data Golongan digunakan untuk pengkategorian stock sehingga memudahkan pengaturan dan pencarian

b. Sub Golongan

Data Sub Golongan merupakan sub golongan dari golongan yang telah dibuat sebelumnya. Sub Golongan digunakan untuk mengkategorikan stock menjadi kategori-kategori yang lebih kecil dan spesifik. Pada saat sebuah Golongan dibuat, secara otomatis sebuah Sub Golongan bernama Unsorted akan dibuat

2. Mengatur Rack

Data Rack berfungsi untuk membagi stock menurut letak raknya di dalam perusahaan. Fungsi ini digunakan untuk memudahkan pencarian secara fisik atas stock yang dicari

3. Golongan Harga Jual

Golongan harga jual dipergunakan untuk pengaturan harga jual stock, dimana sebuah stock bisa memiliki harga bertingkat. Contohnya apabila membeli tiga harganya 10.000, membeli enam harga 8.500 dan membeli dua belas harganya 7.500 dan seterusnya tergantung dari penggolongannya.

Fungsi search terdapat pada bagian atas disediakan untuk melakukan pencarian golongan harga jual berdasarkan Lokasi dan Kata Kunci yang diberikan. Pengurutan data yang ditampilkan dapat dilakukan dengan cara melakukan klik pada Judul dari kolom yang akan diurutkan. Contoh: Data akan diurutkan menurut Kode Golongannya bila Judul pada kolom tersebut di klik.

4. Stock

Data Stock adalah data inti yang akan digunakan untuk keseluruhan kegiatan transaksi yang diatur oleh program. Fungsi search terdapat pada bagian atas disediakan untuk melakukan pencarian Stock berdasarkan Lokasi, Golongan, Sub Golongan, Tipe stock dan Kata Kunci yang diberikan. Pengurutan data yang ditampilkan dapat dilakukan dengan cara melakukan klik pada Judul dari kolom yang akan diurutkan. Contoh: Data akan diurutkan menurut Kode Stocknya bila Judul pada kolom tersebut di klik.

5. Stock Assembly

Assembly adalah jenis stock baru yang terdiri dari stock-stock komponen yang dapat didefinisikan. Stock Assembly digunakan untuk membuat sebuah stock baru dengan cara menggabungkan stock-stock lain yang sudah ada sebelumnya.

Pada saat stock ini ditambahkan, jumlah stock dari stock komponen akan otomatis berkurang, begitu juga sebaliknya, bila stock Assembly dikurangi dengan cara adjustment, maka stock komponen akan bertambah

Popularity: 6% [?]