Program Kasir

Software POS (Point of Sale)

Membuat Data Dasar

Posted by admin On January - 19 - 2009

1. Lokasi / Cabang

Fasilitas lokasi digunakan untuk pengaturan beberapa cabang perusahaan yang memiliki transaksi dan stocknya sendiri-sendiri secara terpisah maupun terintegrasi. Pengaturan integrasi ini sudah dijelaskan pada bagian pengantar modul ini. Untuk pengaturan lokasi klik menu Master Data kemudian pilih Lokasi/Cabang.

2. Wilayah

Wilayah berfungsi untuk melakukan pengelompokan Supplier dan Customer menurut wilayahnya masing-masing. Untuk pengaturan wilayah klik menu Master Data pilih Supplier dan Customer dan pilih wilayah

3. Customer

Data Customer digunakan untuk input data pada saat melakukan penjualan. Data ini berhubungan dengan catatan history penjualan dan piutang yang mungkin muncul dari penjualan. Untuk pengaturan customer klik menu Master Data pilih Supplier dan Customer kemudian pilih Customer.

4. Supplier

Data Supplier digunakan untuk input data pada saat melakukan pembelian stock. Data ini berhubungan dengan stock yang ada di perusahaan dan hutang yang mungkin timbul sebagai akibat dari transaksi pembelian yang terjadi. Untuk pengaturan supplier klik menu Master Data pilih Supplier/Customer kemudian pilih Supplier.

5. Golongan Pendapatan

Yang dimaksud golongan pendapatan adalah daftar category pendapatan non retail yaitu masuknya kas diluar transaksi penjualan. Data golongan pendapatan ini berfungsi pada saat input transaksi pendapatan non retail karena digunakan untuk pos dimana pendapatan non retail tersebut di golongkan. Untuk pengaturan golongan pendapatan klik Menu Master Data pilih Golongan Pendapatan.

6. Golongan Biaya

Yang dimaksud golongan biaya adalah daftar category biaya yaitu keluarnya kas yang digunakan untuk biaya-biaya selain pembelian. Biaya-biaya yang dimaksud bisa berupa biaya rutin ataupun temporer. Biaya rutin misalnya pembayaran rekening listrik, telepon, PAM dan lain sebagainya. Sedangkan biaya temporer adalah biaya yang bisa muncul sewaktu-waktu misalnya uang saku untuk kurir. Data golongan biaya ini berfungsi pada saat input transaksi biaya karena digunakan untuk pos dimana biaya tersebut di golongkan. Untuk pengaturan golongan biaya klik Menu Master Data pilih Golongan Biaya.

Popularity: 8% [?]