Program Kasir

Software POS (Point of Sale)

Transaksi

Posted by admin On January - 15 - 2009

1. Pemesanan Barang

Fasilitas ini digunakan untuk menangani dan mencatat transaksi pemesanan barang. Proses ini terjadi sebelum transaksi pembelian. Hal yang dicatat dalam pemesanan barang ini adalah daftar barang yang akan dibeli.


2. Pembelian

Fasilitas ini digunakan untuk menangani dan mencatat transaksi pembelian


3. Penjualan

Langkah-langkah penjualan ini sama seperti dengan langkah – langkah  pembelian. Perbedaannya adalah di form Tambah. Form Tambah ini hanya akan menampilkan daftar stock yang jumlahnya lebih dari nol atau stock tersedia. Proses pembayaran juga sama dengan proses pembayaran pada transaksi pembelian. Berikut adalah form penjualan

4. Mutasi

Fasilitas ini digunakan untuk pemindahan stock antar cabang dalam sebuah perusaahaan. Cabang yang mengirim atau memindahkan stock secara otomatis akan terkurangi stocknya dan bagi cabang yang menerima secara otomatis akan bertambah stocknya.


5. Tukar Barang

Bila terjadi kasus transaksi penjualan dimana barang yang telah dibeli oleh customer tidak sesuai dengan keinginan dan barang yang telah dibeli akan diganti dengan barang yang lain, maka dilakukan proses Tukar Barang. Cara untuk penukaran barang ini sama seperti penjualan. Dalam proses penukaran barang jumlah barang yang akan dikembalikan customer diisikan minus pada kolom jumlah di grid penjualan. Contoh: customer akan menukar satu barang maka isikan -1 pada kolom jumlah, sedangkan barang yang akan ditukarkan langsung dapat dituliskan dengan mengisi kolom.

6. Pemakaian (Prive)

Fasilitas ini digunakan untuk mencatat stock yang dipakai untuk keperluan perusahaan. Berikut adalah form pemakaian (Prive)


7. Pendapatan Non Retail

Fasilitas ini digunakan untuk mencatat pendapatan non retail. Berikut adalah form input pendapatan non retail.


8. Biaya

Fasilitas ini digunakan untuk mencatat biaya-biaya yang dikeluarkan. Berikut adalah form input biaya

9. Membuka Drawer

Fasilitas ini hanya akan berfungsi bila program Retail Manager ini di aplikasikan dalam komputer POS yang dilengkapi dengan cash drawer dimana drawer hanya terbuka jika terjadi transaksi. Sangat mungkin seorang kasir harus membuka drawer meskipun tidak sedang terjadi transaksi misalnya harus menukar uang ataupun keperluan-keperluan lain menyangkut uang yang ada di dalam cash drawer. Supaya tidak terjadi ketimpangan-ketimpangan sewaktu penghitungan kas akhir maka setiap membuka drawer harus dicatat. Berikut adalah form Open Drawer.

10.Transaksi Stok Opname
Transaksi Stock Opname merupakan faslitas yang digunakan untuk melakukan pengecekan stok, dan membandingkan antara fisik stok dengan stok di software retail manager. Sehingga akan didapatkan selisih stok jika ada dan dapat langsung dapat disesuaikan.

Popularity: 100% [?]